Friday 6 February 2015

Resep Pudding Kentang

Anda suka dengan puding? Pasti biasanya Anda memakannya di restoran atau ditempat makan lainnya ya. Karena memang malas membuatnya atau tidak tau cara membuatnya. Menurut wikipedia, puding adalah nama berbagai hidangan penutup yang pada umumnya terbuat dari bahan-bahan yang direbus. Bahkan istilah puding juga digunakan untuk berbagai jenis pai yang berisi lemak hewan , daging dan buah-buahan.Sebenarnya banyak sekali macam dari makanan penutup satu ini seperti puding agar-agar dan lain sebagainya.

Tahu gak? Puding itu berasal darimana? Ya, nama makanan tersebut berasal dari Perancis, Boudin yang artinya “Sosis darah”, dari bahasa latin, botellus yang memiliki arti “sosis kecil” dan di Eropa istilah Pudding digunakan pada abad pertengahan, itu juga untuk hidangan yang terbuat dari daging yang dibungkus. Dan tidak semua makanan ini rasanya manis lho! Karena ada yang namanya Suet Puding (Puding lemak) yang satu ini berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dan tepung terigu yang dicampurkan dengan lemak sapi atau lemak domba. Ya banyak ternyata ya makanan penutup satu ini.
Untuk resep yang akan admin share adalah puding Kentang! Ya dengan bahan kentang Anda bisa membuat puding, kentang juga memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah pengobatan sistem lambung dan jantung. Untuk Anda yang ingin membuatnya, sebaiknya Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya.
Untuk bahan-bahannya adalah, kentang, santan, daun pandan, agar-agar, gula pasir, telur ayam, garam. Bahannya dapat Anda dapatkan dengan mudah. Untuk detail resep Anda bisa lihat di bawah ini. Resep dilansir dari vemale.com.

Resep Puding Kentang

Bahan Puding:
  • 500 gram kentang, kukus
  • 100 ml santan
  • 5 lembar daun pandan
  • 1 bungkus agar-agar
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh garam
Cara Membuat Puding Kentang:
  1. Pertama, masak santan dengan gula pasir sampai mendidih, campurkan rebusan air pandan, tambahkan garam yang sudah disiapkan tadi, aduk sampai rata, kemudian angkat.
  2. Lalu, haluskan kentang yang sudah dikukus tadi sampai benar-benar halus, kemudian masukan ke rebusan santan yang pertama,aduk hingga menyatu.
  3. Kemudian campurkan agar-agar dan pastikan diaduk dengan rata hingga menyatu dengan bahan lainya,kemudian masak lagi hingga mendidih.
  4. Sebelum adonan tersebut di angkat maka masukan sedikit demi sedikit telur yang sudah dikocok tadi,sampai habis dan menyatu bersama bahan lainya,kemudian angkat atau matikan apinya.
  5. Siapkan cetakan pudding dan basahi dengan air bersih,aduk lagi adonan yang sudah jadi tadi,pastikan semua bahan telah menyatu.
  6. Terakhir, tuangkan adonan ke dalam cetakan pudding secara perlahan-lahan, biarkan sampai membeku.
Bagaimana? Mudah bukan membuat puding kentang? Ya Semoga saja Anda berhasil membuatnya ya, jika gagal terus lakukan percobaan sampai selesai.

No comments:

Post a Comment