Friday 6 February 2015

Resep Kue Dorayaki

Resep Kue Dorayaki Enak – Kenal dan pernah mencoba kue dorayaki? Kue kesukaannya doraemon itu lho :D Kue ini berasal dari Jepang dan tergolong sebagai kue tradisional. Kue ini berbentuk bundar dan tembam seperti burger. Untuk teksturenya lembut karena pada adonannya diberikan madu.


Sejarah kue dorayaki menurut wikipedia, pada tahun 1914 perusahaan kue Usagiya memperkenalkan dorayaki yang terbuat dari adonan castella yang terdiri dari dua lembar panekuk. Dan di daerah Kansai (Osaka/Nara) Kue ini di kenal dengan nama mikasa. Anda ingin mencoba membuatnya? :)
Jika Anda ingin mencoba membuatnya berikut resepnya yang dilansir dari femina.co.id, persiapkan bahannya terlebih dahulu seperti tepung terigu, gula pasir, baking powder, garam, telur ayam, mentega tawar, susu cair dan margarin untuk mengoles. Untuk isiannya persiapkan kacang merah, susu cair dan gula pasir.
Kue Dorayaki Enak
Bahan Kue Dorayaki:
  1.     300 g tepung terigu serbaguna
  2.     6 sdm gula pasir
  3.     2 sdt baking powder
  4.     1 sdt garam
  5.     4 butir telur ayam, kocok lepas
  6.     75 g mentega tawar, lelehkan
  7.     250 ml susu cair
  8.     1 sdt margarin untuk mengoles
Isi Dorayaki:
  •     100 g kacang merah kering, rendam ± 3 jam, tiriskan
  •     150 ml susu cair
  •     75 g gula pasir
Cara membuat Kue Dorayaki:
Pertama : Rebus kacang merah hingga lunak, angkat, tiriskan, haluskan. Masak kembali sambil tambahkan susu cair dan gula pasir, masak hingga kental, angkat. Sisihkan. Lalu campur tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk rata. Tambahkan telur, mentega, dan susu cair sedikit demi sedikit, sambil aduk hingga rata. Setelah itu panaskan cetakan dorayaki atau cetakan kue apem. Olesi dengan margarin. Dan tuang 2 sdm adonan ke dalam cetakan hingga ¾ tinggi cetakan, biarkan hingga permukaannya berlubang-lubang. Masak hingga bagian bawah berwarna kecokelatan. Angkat. Sisihkan. Tuangi 2 sdm adonan ke dalam cetakan, tambahkan dengan 1 sdm adonan kacang merah. Masak hinggga bagian dasarnya agak kecokelatan dan matang. Tutup dengan dorayaki matang tanpa isi. Masak sebentar. Ulangi untuk sisa adonan. Sajikan deh.

1 comment: